Aktivitas Lembaga PAUD di Tahun Baru Hijriyah.

Bulan Muharram  merupakan salah satu bulan utama dalam kalender Hijriyah selain Bulan Dzuqo’dah, Dzulhijjah dan Rajab (QS At taubah;36). Berbagai kegiatan diadakan untuk menyambut bulan utama ini oleh lembaga pendidikan misalnya PAUD, TPQ atau organisasi Islam lainnya. Menyambut atau memperingati Tahun Baru Islam dan santunan yatim piatu adalah dua contoh kegiatan yang biasa dilaksanakan di bulan Muharram.

Tahun Baru Islam yaitu tanggal 1 Muharram 1439 Hijriah perlu dikenalkan kepada anak PAUD. Terutama bagi lembaga  PAUD yang bervisi misi Islami, sehingga anak-anak mengetahui kalender Hijriyah selain kalender Masehi. Sebagaimana yang telah dilakukan oleh lembaga PAUD di Purwosari, yaitu Kelompok Bermain dan TK Islam An Nuur, serangkaian kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyambut dan memperingati Tahun Baru ini. Untuk tahun ini lembaga An Nuur yang selalu ingin berinovasi, menggandeng lembaga PAUD satu gugus untuk melaksanakan PAWAI TA’ARUF. Alhamdulillah pada tanggal 29 Dzulhijjah 1439 H atau tanggal 20 September 2017 pawai yang dilaksanakanan dalam rangka menyambut tahun baru terlaksana cukup hikmat dan meriah. Seragam yang berbeda tiap lembaga menjadikan suasana di sepanjang perjalanan pawai penuh warna namun terlihat kebersamaannya. Pos PAUD Mawar 1, yang tentunya anak masih didampingi ibunya, TK Dharma Wanita serta Kelompok Bermain dan TK Muslimat Nurul Ummah  terlihat pula sebagian orang tua mendampingi. Lantunan sholawat dan lagu kalender Hijriah mengiringi pawai dengan rute yang tidak terlalu jauh. Sudah pernah mendengar lagu itu? inilah syairnya, dilagukan  dengan nada yang sama “Rukune Islam”.

Selamat Tahun Baru Hijriyah 2

Muharram, Shaffar, Rabi’ul Awwal, Rabi’ul Akhir

Jumadil Ula, Jumadil tsani, Rajab, Sya’ban

Ramadhan, Syawal, Dzulqo’dah, Dzulhijjah

Itulah nama bulan kalender Hijriyah

Setelah menyambut tahun baru, tanggal 10 Muharram 1439 H, atau hari Sabtu kemarin, 30 September 2017,  KB dan TK Islam An Nuur Purwosari  memanfaatkan moment yang mulia ini dengan memberikan santunan anak yatim  di lingkungan lembaga. Dirangkai dengan kegiatan Parenting, yang mendatangkan nara sumber dari team Pokja Pendikel Kabupaten Bojonegoro, Ibu Sri Rejeki, S.Pd  MM. Alhamdulillah dari materi yang disampaikan yaitu tentang “TRIAS PENDIDIKAN” , sekaligus bisa dijadikan contoh kegiatan di YPI An Nuur saat itu juga yaitu peduli dan berbagi dengan masyarakat terutama kepada anak yatim. Adapun  keluarga berperan melalui paguyuban kelas dengan mengumpulkan dana dari para donatur dan infaq hari Jum’at.  Semoga terus terjalin  kemitraan yang baik untuk mewujudkan generasi Islam yang beriman, berilmu dan berakhlaq mulia. Aamiin. May useful. (Ust.NN).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*