Aspek – Aspek Perkembangan

aspek - aspek perkembangan aspek - aspek perkembangan

artikelPAUD.com, Guru TK pasti sudah tau apa yang dimaksud aspek-aspek perkembangan. Karena setiap mengajar anak-anak, guru dituntut mengajarkan ke-lima aspek perkembangan tersebut. Dan secara tidak langsung apa yang kita ajarkan kepada anak-anak mencakup semua aspek perkembangan.

Perkembangan sebenarnya tidak terjadi dalam kotak yang terpisah namun untuk menyederhanakan dan memudahkan pembahasan, perkembangan sering di bagi ke dalam beberapa aspek. Namun aspek-aspek perkembangan ini ada yang menyebutkan versi.1 ada 5,  versi.2 ada 6. Kita bisa menyesuaikan pada kurikulum atau ketentuan dari kebijakan Pemerintah.

Ke-5 aspek-aspek perkembangan diantarnya adalah :

1. Nilai-niali agama dan moral

2. Bahasa

3. Sosial Emosional

4. Kognitif

5. Fisik Motorik (Halus dan Kasar)

Sedangkan versi.2 bisa masuk Seni, seni terkadang terkadang berdiri sendiri, terkadang pula bisa masuk dalam ke-5 aspek-aspek perkembangan tersebut.

Ada pula para ahli perkembangan sering membagi aspek-aspek perkembangan ke dalam 3 area besar yaitu, aspek fisik, kognitif dan psikososial. Pembagian kedalam jumla aspek yang lebih sedikit bukan berarti menjadi meniadakan beberapa aspek yang sebelumnya sudah ada. Dalam pembagian ke dalam tiga aspek besar ini, beberapa aspek yang dianggap memiliki akar yang sama digabungkan menjadi satu aspek, misalnya aspek bahasa, moral, dan kognitif dibahas dalam satu bagian yaitu aspek kognitif.

Sekalipun dibahas secara terpisah-pisah, aspek-aspekperkembangan sebenarnya saling berhubungan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Kesemua aspek tersebut sangat terpenting buat anak-anak.

1 Comment on Aspek – Aspek Perkembangan

1 Trackbacks & Pingbacks

  1. Faktor Hereditas vs Faktor Lingkungan | Artikel PAUD

Leave a comment

Your email address will not be published.


*