Batasan Perkembangan

artikelPAUD.com, Perkembangan merupakan pola perubahan yang dimulai pada saat konsepsi dan berlanjut di sepanjang rentang kehidupan. Perkembangan sangat erat hubungannya dengan pertumbuhan. Tidak hanya pada manusia yang hidup, bahkan manusia matipun pertumbuhan tetap ada.

Perkembangan manusia merupakan suatu ilmiah tentang bagaimana seseorang berubah dan sekaligus bagaimana mereka tetap sama dalam waktu yang berbeda. Artinya seorang anak akan tetap menjadi dirinya sendiri meskipun usia dan kemampuannya sudah bertambah dan meningkat. Namun anak tersebut tidak akan berubah menjadi invidu orang lain.

Psikologi¬† perkembangan berkaitan dengan perubahan perilaku dalam diri seseorang selama hidupnya, berkaitan dengan perbedaan dan kemiripan di antara orang-orang dalam sifat perubahan tersebut. Contohnya adalah perkembangan bicara pada anak kemampuan bicara tidak muncul secara tiba-tiba. Namun kemampuan tersebut diperolah melalui perkembangan yang bertahap.¬† Diawali dari suara vokal ooo…, eee…, aaa…, iii…, uuu…, kemudian bertahap cococo…, cecece…, belrtahap lagi menjadi kata sederhana, papa…, mama…, dada…, dan bertambah lebih sulit, mulut…, hidung…, kepala… dan seterusnya hingga menjadi dua kata, tiga kata hingga banyak kata.

Dari contoh tersebut paragraf di atas seorang anak mengalami beberapa perubahan sampai pada kemampuan bicaranya. Beberapa persamaan dan perbedaan antara anak yang satu dan anak yang lain dalam perkembangan bicara dapat kita amati. Kita juga dapat menemukan perbedaan antar anak dalam penguasaan keterampilan bicara. Contohnya ada anak umur dua tahun sudah menguasai banyak kosa kata, ada juga yang masih beberapa kata, bahkan adapula yang belum bisa bicara sama sekali.

Psikologi perkembangan tidak hanya bertujuan untuk menggambarkan perubahan-perubahan yang terjadi di dalam diri individu dan perbedaan-perbedaan antar individu, tetapi juga bertujuan untuk memodifikasi perilaku dengan cara yang optimal. Psikologi perkembangan juga menyadari bahwa individu berubah dalam dunia yang berubah dan bahwa konteks perkembangan yang berubah dapat mempengaruhi sifat dari perubahan individual. Dulu anak SD kelas 4 baru di ajari belajar bahasa Inggris, bahkan ada yang masuk SMP baru kenal bahasa Inggris. Bandingkan dengan sekarang, siswa TK pun sudah di selingi bahasa Inggris. Perubahan itu tentu akan membawa perubahan pula pada diri individu berupa penguasaan yang lebih cepat akan bahasa asing.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*