Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan

Mengapa seseorang berbeda antara satu dengan yang lain? Jawabannya yakni karena perkembangan bersifat kompleks dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan tidak dapat selalu diukur secara tepat atau bahkan ditemukan untuk dipastikan. Bahkan ilmuwan pun tidak dapat menjawab pertanyaan itu secara utuh dan memuaskan. Namun bagaimanapun juga, para ilmuwan tersebut telah belajar banyak mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan serta tentang apa yang orang butuhkan untuk berkembang secara normal, bagaimana seseorang bereaksi dan beradaptasi terhadap berbagai pengaruh maupun perubahan yang terjadi di luar dan di dalam dirinya, serta bagaimana seseorang dapat mencapai potensinya sebaik mungkin.

Selain adanya proses yang bersifat universal dalam perkembangan, setiap orang juga dipengaruhi faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan yang menyebabkan mereka mempunyai perbedaan individual, yakni perbedaan-perbedaan yang mempengaruhi hasil perkembangan dan ketika perkembangan itu berlangsung. Contohnya manusia memiliki perbedaan dengan manusia lain dalam hal jenis kelamin, tinggi dan berat badan; dalam faktor konstusional, seperti kesehatan dan tingkat keaktifan; dalam intelegensi; serta dalam karakteristik kepribadian  dan reaksi emosional.

Selain itu perbedaan individual lainnya yaitu konteks dari kehidupan dan gaya hidup sehari-hari yang berbeda. Hal tersebut meliputi lingkungan rumah, masyarakat tempat kita tinggal, hubungan yang kita miliki, jenis sekolah yang kita masuki, serta cara seseorang menggunakan waktu luang (Papalia, dkk., 2004). Untuk lebih spesifiknya tentang apa saja sejumlah faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan seseorang, dapat kita intip di artikel selanjutnya. Terima kasih untuk kunjungannya J

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*