Kostum Terbaik Festival Paduan Suara

Oleh : Suparno, S.Pd

Festival Paduan Suara telah terlaksana dengan baik, dan pemenang sudah diumumkan oleh panitia pelaksana. Admin Artikel PAUD mencoba untuk memberi penilaian kepada Kelompok Peserta Paduan Suara. Namun penilaian dalam hal ini bukan dari segi performance atau vokal, melainkan penilaian dari segi desain kostum.

Baca Juga : Pemenang Festival Paduan Suara Lagu Kang Yoto 

Dari 27 kelompok peserta yang mengikuti festival tersebut lebih didominasi kostum Batik Bojonegoro. Namun ada juga peserta yang menggunakan kostum Bhineka Tunggal Ika, mulai dari pakaian adat Provinsi Aceh sampai Provinsi Papua. Kelompok peserta tersebut adalah Ketua Penggerak PKK Desa yang ada di Kecamatan Kalitidu (Istri Kepala Desa).

Ada juga yang menggunakan kostum pakaian busana muslim, kelompok peserta ini berasal dari Alfa Quartred SMP Al Fatimah Sukorejo. Kelompok peserta tersebut sebenarnya bukan termasuk kategori peserta lomba, karena peserta lomba adalah Ibu-Ibu PKK, Dharma Wanita, dan Guru PAUD. Sedangkan mereka masih anak di bawah umur yang duduk di bangku SMP. Tetapi penampilannya sangat menarik perhatian penonton, sehingga Dewan Juri menobatkan sebagai penyaji terbaik.

Berbicara mengenai desain kostum, tidak lepas dari model dan perpaduan warna yang diambil. Model yang unik dan ditunjang dengan pemilihan warna yang tepat akan menjadikan kostum tersebut menarik dari segi pandangan. Dalam dunia warna terbagi menjadi banyak perpaduan diantaranya ; Monochrome, Analogous, Tetrad, dan Complementer. Perpaduan warna mana yang bagus untuk dipakai pada kostum ? jawabannya adalah bagus semua. Namun apabila seorang desainer berani menabrakkan warna, maka itulah yang bisa disebut perpaduan yang bagus.

Dari sekian banyak kelompok peserta lebih didominasi oleh perpaduan warna Monochrome dan Analogous. Naum ada peserta yang berani menggunakan warna bertabrakan. Dan inilah Kostum Terbaik Festival Paduan Suara menurut Admin Artikel PAUD.

 

1.Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro

Dinas Pendidikan Kostum

2.Tim PKK Desa Pacul Kecamatan Bojonegoro

Tim PKK Desa Pacul Kostum Terbaik

 

 

 

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*