Pelatihan Menyusun Geometri Untuk Guru TK

Pelatihan Menyusun Geometri

artikelpaud.com, Dalam rangka peningkatan mutu Pendidik / Guru TK di Kecamatan Bojonegoro,  Pengurus Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia – Persatuan Guru Republik Indoneisa (IGTKI-PGRI) Kecamatan Bojonegoro mengadakan pelatihan Menyusun Geometri Untuk Guru Pendidik / Guru TK. Pelatihan ini dilaksanakan Hari Sabtu, 18 Pebruari 2017 di Pusat Belajar Guru (PBG) Bojonegoro yang diikuti oleh 125 Kepala TK dan Guru TK Kelompok A. Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut dan mempraktekkan langsung pembuatan karya seni rupa “Menyusun Geometri.

Hendro Lukito, Guru Seni Budaya asal SMP Negeri Model Terpadu Bojonegoro sebagai pemateri juga memberikan cara/tehnik menyusun geometri dengan jelas dan mudah diterima oleh peserta Pelatihan Menyusun Geometri Untuk Guru TK. Setelah 30 menit Hendro Lukito memberi materi, seniman kondang di Bojonegoro tersebut juga memberi waktu 90 menit kepada peserta untuk mempraktekkan Menyusun Geometri. Peserta membuat dengan cara bekerjasama dalam kelompok yang sudah diberi tugas masing-masing yaitu membawa peralatan dari rumah berupa : gunting, lem, crayon, dan spidol permanen.

Sriyani Ari Sari selaku Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia – Persatuan Guru Republik Indoneisa (IGTKI-PGRI) Kecamatan Bojonegoro menyampaikan kepada artikelpaud.com, “Harapan dilaksanakan Pelatihan Menyusun Geometri Untuk Guru TK adalah supaya guru-guru di TK mempunyai daya kreasi dan invoasi di bidang senirupa. Setelah pelatihan ini Guru-Guru TK di Kecamatan Bojonegoro juga diharapkan mampu membuat kondisi pembelajaran di sekolah masing-masing dengan nyaman sehingga Anak-Anak TK senang dalam pembelajaran di kelas, diantaranya dengan mengajarkan menyusun geometri ini”.

Bagi Anda yang ingin mempraktekkan Menyusun Geometri di sekolah masing-masing, Anda bisa menyiapkan alat dan bahan sebagai berikut :

Alat :

1. Gunting

2. Lem

3. Crayon

4. Spidol Permanen

 

Bahan :

1. Kertas Bufallo / BC Bandung dengan ukuran A3

2. (Secukupnya) Pola Geometri besar ukuran kurang lebih 4 cm x …… dan kecil 1 atau 2 cm x …….

Selamat Mencoba, dan sukses !!!

Berikut rangkuman 3 dari 23 hasil karya kelompok pendidik / Guru TK Kecamatan Bojonegoro yang dibuat pada saat mengikuti pelatihan :

menyusun geometri kereta api

menyusun geometri mobil dan pemandangan

menyusun geometri pak tani dan sapi

 

4 Comments

  1. sangat menarik…dan ingin dapat ilmunya…bagaimana caranya atau langkah-langkah pembuatannya?
    apakah yang dibentuk geometri itu kertas lain, atau jiplakan bentuk-bentuk lalu diwarnai atau bagaimana…

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*