Pemenang Festival Paduan Suara “Lagu Kang Yoto”

oleh : Suparno, S.Pd

“Merah kuning hijau, juga putih hitam dan coklat kulitku. Tapi suci, putih jiwaku, selalu luhur cita-citaku”. Begitulah lirik bait pertama  Festival Paduan Suara “Lagu Kang Yoto” yang sangat meriah. Begitu antusias para peserta membawakan lagu-lagu ciptakaan Kang Yoto tersebut. Di awali oleh peserta urut 1 (satu) dari Tim PKK Desa Pacul, festival tersebut dihiasi suara-suara paduan yang sangat merdu.

Acara yang diselenggarakan oleh BANK JATIM dalam rangka menyambut Hari Jadi Bojonegoro ke 340 ini diikuti oleh 27 Kelompok yang tersebar seluruh penjuru Bojonegoro. Kelompok-kelompok tersebut adalah dari Tim PKK, Dharma Wanita, dan Guru PAUD. Lagu yang dinyanyikan dalam festival ada 2 kategori, yaitu kategori wajib dan kategori pilihan. Kategori wajib diantaranya adalah (1) Ayo Indonesia (2) Bersatu Melangkah Maju, sedangkan kategori pilihan diantaranya adalah (1) Kesungguhan (2) Kapau Engkau Menikah. Keempat lagu tersebut adalah ciptaan dari Bupati Bojonegoro yang sudah menjabat hampir 9 tahun ini sapaan akrabnya adalah “Kang Yoto”.

Dari semua kelompok peserta sebagian besar untuk lagu wajib banyak yang memilih Ayo Indoneisa, dan lagu pilihannya memilih Kesungguhan. Kedua lagu tersebut memang sudah tidak asing terdengar di telinga kita. Namun ada juga yang memilih lagu Bersatu Melangkah Lagu dan Kapan Engkau Menikah, kelompok tersebut adalah dari Puskesmas Kecamatan Baureno.

Setelah pelaksanaan festival Koordinator Dewan Juri Ibu Dra. Masroro menyampaikan evaluasi “masih banyak kelompok yang menggunakan 1 (satu) suara, mestinya kalau festival paduan suara ya harus mencakup 3 (tiga) suara yaitu sopran, mesosopran dan alto, namun disisi lain semua peserta sudah tampil bagus”.

Turut hadir juga Bupati Bojonegoro Kang Yoto, Bupati yang humuris tersebut juga menyampaikan “saya selaku pencipta lagu sedih rasanya, melihat dan mendengar lagu-lagu ciptaan saya dibawakan dengan merdu oleh Tim PKK, Dharma Wanita, dan Guru PAUD, saya mengapresiasi kepada semua peserta Festival Paduan Suara “Lagu Kang Yoto” ini”.

Dan berikut ini para Pemenang Festival Paduan Suara “Lagu Kang Yoto” :

  1. Juara 1 : Dinas Kecamatan Kasiman (Unit Pelaksana Teknis Pendidikan)
  2. Juara 2 : Gita Jaya Himpaudi Kabupaten Bojonegoro
  3. Juara 3 : Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak (IGTKI) Kecamatan Bojonegoro
  4. Juara 4 : Dinas Perhubungan
  5. Juara 5 : PKK Kalitidu
  6. Penyaji Terbaik : Alfa Quarted

Keenam pemenang tersebut wajib kita memberi apresiasi salah satunya kepada kelompok Alfa Quarted (anak di bawah umur / usia SMP), ialah generasi Bojonegoro bahkan Indonesia kedepan. Karena kelompok tersebut satu-satunya kelompok di bawah umur, diantara kelompok Ibu-Ibu Tim PKK, Dharma Wanita, dan Guru PAUD.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*