Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini

artikelPAUD.com, Akhir-akhir ini banyak sekali ditemui kasus tentang pelecehan seksual pada anak usia dini. Tidak hanya dikota besar namun juga telah merambah di kota kecil ataupun kota berkembang seperti halnya Bojonegoro. Dibeberapa media massa, bahkan media sosial seks dikalangan Anak Usia Dini (AUD) kian marak diperbincangkan. Hal ini menimbulkan keprihatinan masyarakat luas, pemerintah, para pemerhati pendidikan, pemerhati anak-anak, juga tak kalah gelisahnya para guru, pendidik, pengasuh anak usia dini saat ini.

Banyak kegiatan seminar, training, dan semacamnya diadakan sebagai bentuk keprihatinan dan ingin adanya perubahan kearah lebih baik serta bijaksana menyikapi hal ini. Pendidikan seks untuk anak usia dini, bukan lagi menjadi hal baru namun bagi para guru-guru, pendidik dan pengasuh terutama dikota kecil masih belum dapat tersampaikan dengan maksimal. Hal yang dulunya tabu sekarang harus mulai disampaikan keanak dengan bijak dengan bahasa yang mudah dipahami.

Beberapa guru PAUD mulai menyampaikan pendidikan seks untuk anak usia dini dengan lagu-lagu, dengan berbekal pengetahuan yang seadanya tentang pendidikan seks pada anak untuk anak usia dini. Dikota besar mungkin telah ada langkah ataupun kurikulum tentang pembelajaran pendidikan seks pada AUD, dan karena telah banyak kasus pelecehan pada anak, apakah tidak sebaiknya dikota kecil dan berkembang seperti Bojonegoro misalnya pemerintah Kabupaten juga mulai melakukan sosialisasi bagaimana pendidikan seks pada Anak Usia Dini ini dapat berlangsung lebih maksimal dengan acuan yang tepat.

Kiriman oleh : Wida Aksari, Pendidik di TK AL-ASY’ARI Ledok Kulon, Bojonegoro, Jawa Timur

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*