Perkembangan Anak Aktif vs Anak Pasif

artikelPAUD.com, Hari pertama Dea dan Nabila masuk sekolah, nampak Dea yang selalu bersembunyi di belakang rok ibunya, sedangkan Nabila asyik berkenalan dan bermain dengan teman-teman barunya. Kenapa perilaku Dea dan Nabila berbeda ? Apakah pengasuhan orang tua yang berbeda antara Dea Nabila ? Atau Nabila tergolong anak yang aktif dalam bersosialisasi dibandingkan dengan Dea ?

Sebuah kontroversi antara Perkembangan anak aktif vs anak pasif seseorang dalam perkembangan, filsuf Inggris, John Locke menyatakan bahwa seorang anak kecil adalah tabula rasa atau kertas kosong yang akan dicoret-coret oleh masyarakat. Anak dipandang sebagai organisme pasif yang secara utama dibentuk oleh kekuatan eksternal dalam lingkungan.

Beda halnya dengan filsuf Prancis, Jean Jacques Rousseau, tentang Perkembangan anak aktif vs anak pasif : percaya bahwa anak dilahirkan dengan akhlak yang baik. Ia cenderung akan berkembang ke arah yang positif kecuali mendapat tekanan yang kuat dari lingkungan. pandangan tersebut menjadi pelopor bagi model perkembangan organismik. Model ini melihat orang-orang sebagai organisme yang aktif dan tumbuh, yang mengatur jalan perkembangan sendiri.

Kedua pandangan tentang perkembangan anak aktif vs anak pasif tersebut dipandang terlalu menyederhanakan segala sesuatu. Anak-anak mempunyai dorongan dan kebutuhan internal mereka sendiri. Anak-anak adalah agen aktif yang membentuk, mengontrol dan mengarahkan jalan perkembangan sendiri. Anak-anak adalah pencari informasi yang penuh rasa ingin tahu yang secara sengaja berusaha untuk memahami dan mengeksplorasi dunianya. Anak juga memiliki faktor herediter yang mpengaruhi perkembangan, tetapi anak adalah juga makhluk sosial yang tidak dapat mencapai perkembangan yang optimal tanpa campur tangan lingkungan. Guru, orang tua, dan teman tidak secara sederhana membentuk anak. Anak secara aktif memodifikasi tindakan orang tuanya dan orang lain yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.

baca juga !!!

Faktor Hereditas vs Faktor Lingkungan

Periode Rentang Kehidupan

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*