Seni Mozaik Bagi Anak PAUD

seni mozaik untuk anak paud seni mozaik untuk anak paud

Artikelpaud.com, Kali ini admin akan berbagi pengertian tentang tehnik seni rupa yang bisa diterapkan pada anak usia dini. Tehnik seni rupa untuk anak usia dini sangatlah beraneka ragam seperti : mewarna, menggambar, menempel atau masih banyak lainnya. Khusus untuk tehnik menempel juga sangat beraneka ragam seperti mozaik, kolase, dan montase. Ketiga tehnik menempel tersebut pengertiannya hampir sama namun caranya yang berbeda. Dan juga perbedaannya sangatlah tipis.

Hati-hati bagi pendidik PAUD, agar bisa membedakan seni mozaik, kolase, dan montase. Pada kesempatan kali ini akan membahas tentang Seni Mozaik Bagi Anak Usia DiniApa itu Mozaik ? Mozaik adalah Mozaik adalah seni menciptakan gambar dengan menyusun kepingan-kepingan kecil berwarna dari kaca, batu, atau bahan lain. Seni ini merupakan sebuah teknik dalam seni dekorasi dan juga merupakan aspek dari dekorasi interior. Untuk pengertian secara mudah bagi Anak Usia Dini, Mozaik adalah Seni dengan tehnik menempel atau menyusun kepingan – pecahan – benda kecil untuk memenuhi kebutuhan pola yang sudah ada.

 

Nah sudah tau pengertiannya kan, ingat bahwa seni mozaik terdiri dari kepingan, pecahan atau benda kecil-kecil. benda tersebut bisa berupa guntingan kertas kecil, biji-bijian (padi, jagung, kacang hijau, kedelai, atau biji yang lain), bisa juga pecahan kulit atau cangkang telor, dan masih banyak lainnya. Pendidik PAUD bisa mencari bahan-bahan yang mudah dijangkau di lingkungan sekitar.

Mengingat mozaik yang akan diterapkan sasarannya adalah untuk anak usia dini (Seni Mozaik Bagi Anak PAUD), bahan harus di pertimbangakan, diantaranya : ramah untuk anak, tidak berbahaya untuk anak, tidak mengandung zat racun, tidak berasal dari benda tajam yang mudah merugikan untuk anak seperti pecahan kaca. Pendidik PAUD yang tinggal di pedesaan mungkin lebih mudah mencari bahan karena alam yang mendukung. Sedangkan Pendidik yang tinggal di kota harus sedikit berusaha untuk mencari bahan tersebut. Kalau memang sulit untuk didapatkan bisa membeli bahan hanya saja sedikit merogoh uang saku. hehehehehe

 

seni mozaik untuk anak paud

sumber gambar : fb wiwik lestary

 

 

 

 

 

 

 

Mari menjadi pendidik PAUD yang produktif, dengan cara berkarya dan menerapkan Seni Mozaik Bagi Anak PAUD. SELAMAT BERKARYA

Leave a comment

Your email address will not be published.


*