Tips: Membuat Anak Senyum Ketika di Suntik Campak Rubella

tips suntik campak rubella

Artikelpaud.com, Pada awal tahun pelajaran baru tepatnya di bulan Agustus, ada program dari Puskesmas yaitu Bulan Imunisasi Campak Rubella (Campaign Measles Rubella). Program tersebut harus diikuti oleh semu anak diusia Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, dan Sekolah Menengah Pertama. Seperti yang disampaikan petugas puskesmas dalam sosialisasi, Semua orang berisiko terkena rubella. Rubella pada anak dan dewasa membaik dengan cepat, tidak bahaya, dan jarang menyebabkan komplikasi. Rubella hanya berbahaya jika terjadi pada wanita hamil. Jika wanita hamil terinfeksi virus, khususnya selama 4 bulan pertama kehamilan, bayi berisiko mengalami kecacatan atau bahkan lahir mati.

Program ini sangat penting dan benar-benar harus dilaksanakan mengingat resiko yang dialami adalah kecacatan, maka wajib hukumnya untuk anak-anak usia TK, SD dan SMP. Namun dalam pelaksanaan suntik mungkin ada anak yang takut dan tidak berani, bahkan ada yang menangis keras. Ini ada Tips: Membuat Anak Senyum Ketika di Suntik Campak Rubella

 

Klik gambar untuk tampilan lebih besar

ekspresi di suntik campak rubella

 

Tips: Membuat Anak Senyum Ketika di Suntik Campak Rubella, sebagai berikut :

  1. Adakan sosialisasi, undang semua orang tua (wajib Bapak atau Ibu) bukan kakak ataupun pembantu, tujuannya adalah memberikan sosialisasi kepada Bapak/Ibu Wali Murid langsung, dengan memanggil petugas Puskesmas. Sosialisasi berisi tentang definisi campak, tanda-tanda gejala, penyebab, resiko atau bahaya , dan pengobatan.
  2. Kerjasama dengan orang tua, kerjasama dalam hal ini adalah bagaimana membangun komunikasi guru dengan orang tua, mengajak orang tua untuk menyampaikan yang baik-baik tentang suntik campak rubella, bahwa sebenarnya suntik itu tidak sakit, suntik itu akan menjadikan tubuh kita (anak-anak) menjadi lebih sehat selamanya.
  3. Kegiatan parenting sebelum pelaksanaan, pada waktu pelaksanaan, sambil menunggu petugas puskesmas yang dijadwalkan hadir jam 08.15 WIB, sebelumnya anak-anak di ajak Parenting. Karena pelaksanaan suntik ini tepat di bulan Agustus maka di ajak lomba bersama ibu dan anak. Tujuannya adalah membuat hati anak senang dan tidak mengingat kalau ada suntik
  4. Ajak Foto sebelum di suntik (belajar eksen dan senyum), Sebelum pelaksanaan suntik ajak anak-anak foto terlebih dahulu, di ajak senyum, eksen dan lain-lain.
  5. Foto ketika di suntik, Nah tiba saatnya anak-anak disuntik, guru stanby di depan anak dan mengajak anak komunikasi tentang hal-hal menarik yang telah dilaksanakan (lomba agustusan) kemudian pas jarum di masukkan ke kulit tangan anak, guru mengajak anak melihat kamera untuk eksen dan senyum. TARARARARA EKSEN …… (justttttt disuntik tetap senyum)

Semoga Tips: Membuat Anak Senyum Ketika di Suntik Campak Rubella bermanfaat bagi guru, orang tua, dan tentunya untuk anak-anak kita. Semoga dengan adanya program bulan vaksin ini, anak-anak selalu diberi keberkahan kesehatan yang melihmpah dari Tuhan Yang Maha Esa. Amin ….

Sampai bertemu pada tulisan berkutnya.

 

2 Comments on Tips: Membuat Anak Senyum Ketika di Suntik Campak Rubella

  1. Yaa…pas tulisan ini keluar, kami baru pelaksanaan imunisasi…sudah ada yg dipraktekkan sih…yaitu difoto saat disuntik…tp yg nangis kok ya tetap nangis ya….hehe…tp cuma sbentar kok…okey terima kasih ilmunya…

Leave a comment

Your email address will not be published.


*